Selasa, 04 Desember 2012

                       5 Makanan Berbahaya Untuk Organ Reproduksi

Kesehatan organ intim perlu banget kita jaga sejak dini. Kalau enggak, penyakit-penyakit berbahaya seperti kista, miom, atau endometriosis bisa bersarang di tubuh kita. Penyakit-penyakit itu bisa bikin sistem reproduksi kita terganggu. Enggak mau kan mengalami kemandulan atau susah hamil nanti? Hi, ngeri!

Gaya hidup sehat adalah kuncinya! Hindari atau kurangi mengonsumsi beberapa jenis makanan atau minuman yang berbahaya buat organ intim kita, seperti :

Kopi dan teh
Kopi dan teh mengandung kafein. Sebenarnya, enggak masalah bila minuman ini sesekali dikonsumi. Tapi, kalau kita terlalu sering (lebih dari 500mg per hari), bisa berbahaya juga bagi kesehatan organ reproduksi kita. Kafein dapat meningkatkan produksi hormon estrogen. Penyakit endometriosis bisa tumbuh karena tingginya hormon estrogen dalam tubuh.


Junk food
Contoh makanan junk food adalah makanan yang digoreng, soft drink, makanan yang manis-manis. Junk food mengandung lemak dan gula yang tinggi. Makanan-makanan tersebut mengandung sodium,  kalori, gula, lemak dalam jumlah berlebihan berbahaya bagi kesehatan organ reproduksi kita. Mulai sekarang, coba sesekali aja ya makan makanan itu.


 
Minuman beralkohol
Alkohol bisa bikin seseorang tambah moody apalagi bagi cewek yang lagi PMS. Mengonsumsi alkohol juga bisa bikin perkembangan lapisan endometrium jadi enggak normal. Ini bisa menyebabkan nyeri luar biasa saat haid.







Makanan kemasan
Makanan kemasan terutama yang dibungkus dengan styrofoam enggak bagus untuk kesehatan reproduksi kita. Bahan kimia karsinogen dari styrofoam menempel pada makanan.Residu styrofoam ini menyebabkan gangguan pada sistem endokirnologi endocrine disrupter (EDC) dan reproduksi.




Ayam broiler
Ayam broiler adalah ayam yang disuntik steroid. Daging ayam broiler biasanya lebih gemuk dan besar. Steroid adalah hormon buatan untuk merangsang pertumbuhan pada ayam. Tapi steroid ini lah yang mengganggu sistem hormonal dan bisa membuat kita terserang kista rahim.









(dea, foto: everydayisfitness.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar