Kamis, 24 Januari 2013

Rahasia Manfaat Mentimun Untuk Merawat Wajah

Rahasia Manfaat Mentimun Untuk Merawat Wajah

       



Saya yakin pasti sebagian Anda sudah pernah tahu apa itu buah mentimun. Buah mentimun sering sekali kita manfaatkan untuk sayuran, lalapan, atau acar. Selain dimanfaatkan untuk sayuran ternyata mentimun juga merupakan bahan herbal yang memiliki banyak manfaat untuk merawat wajah Anda.

Mentimun atau yang dikenal dengan nama ilmiah Cucumis sativus merupakan buah suku labu-labuan. Tanaman ini merupakan tanaman herba dan merupakan tanaman semusim. Buah mentimun berwarna hijau dengan warna garis-garis putih kekuningan. Warna putih pada buah menandakan mentimun sudah masak. Bentuk buah mentimun lonjong memanjang (torpedo).

Selain segar karena buahnya mengandung banyak air, mentimun sangat benyak mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa zat yang terkandung dalam mentimun antara lain kalori, protein, karbohidrat,vitamin B,  vitamin C, vitamin D, potassium, magnesium, kalium, zat besi dan fosfor.

Mentimun saat ini mudah sekali diperoleh di toko buah dan sayur di sekitar kita. Jadi, jangan ragu-ragu untuk langsung mengkonsumsi dan memanfaatkan mentimun setelah membaca artikel ini.

Manfaat Mentimun untuk Kecantikan

Mentimun sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan potassium, magnesium, dan fosfor pada mentimun sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Mentimun juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, menyehatkan sendi, obat sariawan, anti serangga, pencernaan protein, membunuh cacing pita, diabetes, sakit gigi, perawatan ginjal dan bersifat anti kanker.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata mentimun juga memiliki segudang manfaat untuk merawat wajah dan menambah kecantikan . Beberapa manfaat mentimun untuk kecantikan adalah sebagai berikut:

Melangsingkan, karena mentimun sangat rendah kalori dan kaya serat. Selain itu mentimun mengandung asam malonat yang bisa merubah gula darah menjadi lemak. Dalam 100 gram mentimun hanya mengandung 12 kalori.
Menyegarkan, mengencangkan  dan melembabkan kulit karena kandungan vitamin pada mentimun yang tinggi serta mineralnya.  Asam askorbat yang dikandung mentimun juga bermanfaat menurunkan tingkat retensi air sehingga mengurangi pembengkakan pada mata
Merawat keindahan kuku, karena adanya kandungan silica. Hal ini dapat mencegah kuku pecah dan rusak
Menyuburkan rambut. Silica yang ada di mentimun sangat bermanfaat untuk menguatkan dan menyuburkan rambut.
Untuk mendapatkan manfaat mentimun untuk kecantikan wajah dan tubuh Anda bisa memakan langsung mentimun atau mengaplikasikannya pada kulit Anda. Salah satunya dengan membuat masker mentimun.

Cara yang bisa Anda coba yakni ambil mentimun sebanyak setengah potong. Selanjutanya mentimun  yang telah dicuci bersih tersebut selanjutkan dicacah dan dilumatkan. Kulit wajah, tangan, dan kaki dicuci bersih kemudian diolesi dengan mentimun yang telah dilumatkan sebelumnya. Biarkan beberapa menit hingga agak mengering . setelah itu cuci dengan air dingin.

Cara ini bisa dilakukan setiap sore untuk merawat wajah Anda agar kulit lebih segar dan kencang. Untuk cantik alami tak harus mahal kan? Selamat

1 komentar: