Kamis, 24 Januari 2013

Cara Perawatan Kulit

Cara Perawatan Kulit Badan-Tips Kesehatan
Cara kita merawat kulit badan ada dua macam, yaitu :
1.Seluruh tubuh badan kaki, dan tangan digosok dengan lulur atau juga disebut bedak mangir.
2.Dengan jalan mandi rempah atau berendam dalam air rempah-rempah.
 
Cara Perawatan Kulit Badan-Tips Kesehatan

Cara pemakaian lulur atau bedak mangir :
Bedak mangir atau lulur tersebut dicampur dengan sedikit air sebagaimana memakai bedak dingin pada kulit muka. Kalau sudah tercampur lalu digosokkan ke seluruh tubuh badan beserta kedua kaki dan tangan. Biasanya memakai bedak mangir dapat dilakukan tiga kali dalam seminggu. Bagi para remaja putra maupun putri yang menjelang pernikahan baiknya memakai bedak mangir tiap akan tidur berturut-turut selama satu minggu sebelum pernikahan.
Hasiat bedak mangir / lulur adalah :
Untuk membersihkan kotoran-kotoran atau debu-debu kering yang menempel pada kulit dan yang menutupi pori-pori, juga untuk menyegarkan badan, lagi pula kulit kelihatan bersih, bercahaya rasanya segar dan juga berbau sedap. Sebab bedak mangir bahnnya terdiri dari tepung beras yang berkhasiat untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada kulit. Juga ada temugiringnya berkhasiat untuk menguningkan dan menghaluskan kulit. Juga ada kayu manis dan kayu mesoyi, berkhasiat untuk mengharumkan dan menyegarkan badan.
Cara merawat badan dengan mandi rempah :
Pertama kali kita sediakan saja air dingin 5 gayung atau kurang lebih 6 liter.
Ramuan yang kita siapkan adalah :
  1. Pandan, kurang lebih 5 lembar (di iris-iris lembut)
  2. Jeruk purut, 2 buah
  3. Temu giring, seperempat kilo gram
  4. Daun kemuning, seperempat kilo gram
  5. Daun serai, tiga batang
  6. Kayu manis, kurang lebih 1 ons
Cara membuatnya :
  • Bahan pada no. 1 di iris-iris lembut
  • Bahan no. 2 masing-masing di belah menjadi dua
  • Bahan no. 3 dikupas kulitnya, dan diris-iris
  • Bahan no. 4 dibuang tangkainya atau kayunya yang besar-besar
  • Bahan no. 5 dan 6 di cuci bersih
Keenam bahan tersebut direbus dengan air yang sudah disiapkan 5 gayung sampai mendidih. Kalau sudah mendidih, turunkan dari atas jerangan api, kemudian air jerangan dituangkan dalam ember mandi yang besar, yang sebelumnya sudah disaring dengan kain tipis, kemudian dicampur dengan air dingin. Sekiranya campuran air tersebut menjadi hangat suam-suam kuku.

Praktek mempergunakannya :
Pertama kali mandi biasa, badan kita sabun yang bersih dengan sabun mandi. Boleh mandi dengan air dingin atau hangat. Kalau seluruh tubuh sudah dibersihkan dengan air bersih sudah dihilangkan bekas sabunnya hingga kesat, maka langsung masuklah dan berendam ke dalam ember mandi yang berisi air rempah-rempah tersebut. Lama berendam kurang lebih seperempat jam sambil seluruh tubuh kita sirami dengan air rempah-rempah tersebut. Kalau sudah cukup seperempat jam lamanya kita berendam, kita keluar dari air rendaman tersebut. Langsung tubuh badan kita keringkan memakai handuk serta tidak usah dibilas dengan air biasa, niscaya tubuh kita akan terasa segar bugar, bercahaya serta berbau sedap dan harum.
Hasiat mandi dengan air rempah-rempah :
  1. Memperlancar peredaran darah
  2. Mengurangi berat badan
  3. Mengobati badan / menghilangkan bau badan yang tidak enak.
Description: Cara Perawatan Kulit Badan-Tips Kesehatan Rating: 4.5 Reviewer: mas didik - ItemReviewed: Cara Perawatan Kulit Badan-Tips Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar